SILABUS SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL 
Nama Sekolah            : SMK AK YKPI BOGOR
Bidang Keahlian          : Semua
Bidang Keahlian
Kompetensi Keahlian   : Semua
Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran           :
Simulasi dan Komunikasi Digital
Durasi (Waktu)           : 108 JP
Kelas/Semester           : X 
KI-3 (Pengetahuan)     : Memahami,
menerapkan, menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan 
faktual,
konseptual, operasional dasar,
dan metakognitif sesuai dengan
bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)    : Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja 
yang lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan lingkup Simulasi
dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
Materi
  Pokok 
 | 
  
Alokasi Waktu (JP) 
 | 
  
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
  
Penilaian 
 | 
 
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
5 
 | 
  
6 
 | 
 
3.1 Menerapkan logika dan algoritma
  komputer 
4.1 Menggunakan fungsi-fungsi Perintah
  (Command) 
 | 
  
3.1.1
  Menjelaskan konsep logika. 
3.1.2
  Menyusun flowchart contoh algoritma sederhana dalam kehidupan sehari-hari. 
4.1.1
  Menggunakan Perintah berdasarkan fungsi. 
4.1.2
  Membuat permainan menggunakan perangkat lunak animasi 3D (Alice atau
  sejenis). 
 | 
  
●     Konsep
  logika dan algoritma 
●     Notasi
  flowchart 
●     Membuat
  permainan sederhana menggunakan perangkat lunak animasi 3D 
 | 
  
6 
 | 
  
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep logika dan
  algoritma menggunakan Flowchart 
●     Mengumpulkan
  data tentang fungsi dan fitur perangkat lunak animasi 3D 
●     Mengolah
  data tentang skenario algoritma permainan sesuai idenya dalam bentuk Flowchart 
●     Mengomunikasikan
  tentang algoritma  permainan dan cara
  penggunaan aplikasi animasi 3D yang dibuatnya 
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Tes
  tertulis 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
●     Portofolio 
 | 
 
3.2 Menerapkan metode peta minda 
4.2 Membuat peta-minda 
 | 
  
3.2.1
  Menjelaskan metode peta-minda. 
3.2.2
  Menguraikan ide menjadi konsep. 
3.2.3
  Menentukan alternatif solusi pemecahan masalah. 
4.2.1
  Mengoperasikan perangkat lunak peta-minda. 
4.2.2
  Membuat peta-minda dari hasil pengembangan ide berdasarkan alternatif solusi. 
 | 
  
●     Metode
  peta-minta untuk penguraian masalah 
●    
  Perangkat lunak Peta-Minda 
 | 
  
3 
 | 
  
●     Merumuskan
  masalah dengan cara mengobservasi pikiran menggunakan metode peta-minda 
●     Mengumpulkan
  data berupa kata-kunci yang terkait ide 
●     Mengolah
  data dari kata-kata kunci yang didapat untuk dikategorikan berdasarkan
  kesamaan sifat, ciri, cara kerja, atau jenis 
●     Memresentasikan
  hasil peta-minda yang dibuat 
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Wawancara 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
 | 
 
3.3 Mengevaluasi paragraf
  deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif. 
4.3 Menyusun kembali format dokumen
  pengolah kata 
 | 
  
3.3.1
  Menganalisis ciri-ciri paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan
  persuasif. 
3.3.2
  Membandingkan paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif. 
4.3.1
  Memanipulasi dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata. 
4.3.2
  Membuat tulisan deskriptif. 
4.3.3
  Mengembangkan proposal menggunakan perangkat lunak pengolah kata. 
 | 
  
●     Jenis
  dan ciri paragraf 
●     Memformat
  dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata 
 | 
  
6 
 | 
  
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi tentang ciri-ciri paragraf berdasarkan karakterisktik
  melalui contoh tulisan 
●     Mengumpulkan
  data tentang fungsi fitur pada perangkat lunak pengolah kata dengan cara
  memformat tulisan yang belum diformat 
●     Mengolah
  data tentang fungsi fitur perangkat lunak pengolah kata dengan cara memformat
  dokumen yang belum diformat 
●     Mengomunikasikan
  tuisan deskriptif dalam bentuk proposal 
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Tes
  tertulis 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
●     Portofolio 
 | 
 
3.4 Menerapkan logika, dan operasi
  perhitungan data 
4.4 Mengoperasikan perangkat lunak
  pengolah angka 
 | 
  
3.4.1
  Menjelaskan urutan kerja operator matematika. 
3.4.2
  Mengurutkan operator matematika sesuai hasil yang diharapkan. 
3.4.3
  Menentukan penggunaan fungsi logika IF, AND, OR, ELSE pada perhitungan
  berkondisi. 
3.4.3
  Memanipulasi sel. 
3.4.4
  Menyalin nilai berdasarkan referensi nilai sel dan referensi alamat sel. 
4.4.1
  Menggunakan formula pada pemrosesan data. 
4.4.2
  Menampilkan data dalam bentuk grafis. 
 | 
  
●     Operasi
  perhitungan  matematika  
●    
  Perangkat lunak pengolah angka 
●     Fungsi
  logika pada perangkat lunak pengolah angka 
●     Referensi
  berdasarkan sel 
●     Referensi
  berdasarkan nilai 
●     Grafik
  dan Diagram 
 | 
  
9 
 | 
  
●     Mengumpulkan
  data tentang operator matematika  
●     Mengolah
  data menggunakan perangkat lunak pengolah angka 
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang fungsi logika di
  formula pada perangkat lunak pengolah angka 
●     Mengomunikasikan
  data hasil pengolahan dan disajikan dalam bentuk grafik atau diagram 
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Tes
  tertulis 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
●     Portofolio 
 | 
 
3.5 Menganalisis fitur yang tepat
  untuk pembuatan slide 
4.5 Membuat slide untuk presentasi 
 | 
  
3.5.1
  Menjelaskan jenis, fungsi, dan keuntungan penggunaan perangkat lunak
  presentasi. 
3.5.2
  Menentukan fitur umum yang sering digunakan pada perangkat lunak presentasi. 
3.5.3
  Menganalisis slide yang sesuai dengan pesan yang akan disampaikan. 
4.5.1
  Menggunakan fitur perangkat lunak presentasi. 
4.5.2
  Membuat slide presentasi yang dilengkapi dengan transisi dan animasi. 
 | 
  
●     Jenis
  dan fungsi fitur perangkat lunak presentasi 
●    
  Teknik merancang Slide  
 | 
  
9 
 | 
  
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi fungsi, jenis, dan keuntungan penggunaan perangkat
  lunak presentasi 
●     Mengomunikasikan
  cara penggunaan .perangkat lunak presentasi dalam bentuk diskusi peer
  teaching dan kelompok 
●     Mengumpulkan
  data teknik membuat slide, penyisipan objek, penambahan transisi, dan fitur
  animasi pada slide 
●     Mengolah
  data dalam bentuk tugas untuk dibuat menjadi slide sesuai perintah  
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Wawancara 
●     Observasi
  diskusi 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
●     Observasi 
●     Portofolio 
 | 
 
3.6 Menerapkan teknik presentasi
  yang efektif 
4.6 Melakukan presentasi yang
  efektif 
 | 
  
3.6.1
  Menentukan desain yang efektif. 
3..6.2
  Membandingkan kesesuaian desain slide dengan informasi yang disampaikan. 
3.6.2
  Menilai teknik penyempaian presentasi orang lain. 
4.6.1
  Membuat slide dengan pertimbangan proporsi, komposisi, dan harmoni. 
4.6.2
  Melaksanakan penyampaian sesuai kaidah teknik presentasi. 
 | 
  
●     Faktor
  yang mempengaruhi pemirsa dalam presentasi 
●     Teknik
  mendesain slide 
●     Teknik
  penyampaian 
 | 
  
6 
 | 
  
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang presentasi yang mampu
  menarik perhatian audien berdasarkan kaidah teknik presentasi simdig 
●     Mengumpulkan
  data tentang faktor yang mempengaruhi audien dan  design slide yang efektif dan efisien
  dengan pertimbangan proporsi, komposisi, dan harmoni 
●     Mengolah
  data ke dalam slide menggunakan teknik penyusunan slide 
●     Presentasi
  menggunakan teknik penyampaian dengan semangat dan penuh hasrat 
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Wawancara
   
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
●     Portofolio 
 | 
 
3.7 Menganalisis pembuatan E-book 
4.7 Membuat E-book dengan perangkat
  lunak E-book Editor 
 | 
  
3.7.1
  Menjelaskan contoh dan kelebihan E-book. 
3.7.2
  Menjelaskan berbagai format E-book. 
3.7.3
  Mengurutkan proses konversi. 
3.7.4
  Memilih perangkat lunak pembaca file E-book. 
3.7.5
  Memilih informasi pada metadata. 
4.7.1
  Melaksanakan konversi file menjadi HTML. 
4.7.2
  Melengkapi file E-book dengan file multimedia. 
4.7.3
  Melengkapi daftar is pada E-booki. 
4.7.4
  Membuat sampul. 
4.7.5
  Melengkapi metadata. 
4.7.6
  Menampilkan file E-book 
 | 
  
●     Buku
  elektronik (E-book) 
●     Prosedur
  membuat E-book menggunakan Sigil 
●     Membuat
  sampul menggunakan Ms. PowerPoint 
●     Perangkat
  lunak pembaca file E-book 
 | 
  
6 
 | 
  
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kelebihan E-book dan
  format file 
●     Mengumpulkan
  data tentang prosedur pembuatan E-book, meliputi konversi file, melengkapi
  metadata, dan pemilihan perangkat lunak pembaca file E-book 
●     Mengolah
  data tentang  penyisipan file
  multimedia ke dalam file HTML 
●     Mengubah
  file HTML menjadi format Epub untuk dikomunikasikan melalui perangkat lunak
  pembaca E-book  
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Tes
  tertulis 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
●     Portofolio 
 | 
 
3.8 Memahami konsep Kewargaan
  Digital 
4.8 Merumuskan etika Kewargaan
  Digital 
 | 
  
3.8.1
  Menjelaskan konsep Kewargaan Digital. 
3.8.2
  Menjelaskan konsep internet safety. 
3.8.3
  Menjelaskan jenis virus komputer dan pencegahannya. 
3.8.4
  Menjelaskan simbol Creative Commons. 
4.8.1
  Mengimplementasikan penggunaan internet dengan aman. 
4.8.2
  Memilih dan memilah informasi. 
 | 
  
●     Konsep
  Kewargaan Digital 
●     Cyberbulliying
  dan Cyberharrasment 
●     Menggunakan
  internet dengan aman  
●     Simbol
  Creative Commons 
 | 
  
3 
 | 
  
●     Mengumpulkan
  data tentang Undang-Undang ITE, konsep Kewargaan Digital, dan jenis virus
  komputer yang umum 
●     Mengolah
  data kasus aktual di internet terkait pelanggaran UU ITE dan kerusakan yang
  diakibatkan oleh virus 
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penggunaan  perangkat komunikasi dan internet dengan
  aman, serta memilah dan memilih informasi 
●     Mengomunikasikan
  cara penggunaan internet dengan sehat sesuai konsep Kewargaan Digital dalam
  bentuk tulisan dan presentasi publik 
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Presentasi
  publik 
Keterampilan: 
●     Observasi 
 | 
 
3.9 Menerapkan teknik penelusuran
  Search Engine 
4.9 Melakukan penelusuran informasi 
 | 
  
3.9.1
  Menjelaskan komponen mesin penelusur. 
3.9.2
  Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi. 
4.9.1
  Menggunakan sintaks penelusuran yang tepat sesuai kebutuhan pencarian  informasi. 
4.9.2
  Melakukan penelusuran lanjutan. 
 | 
  
●     Komponen
  dan cara kerja mesin penelusur 
●     Sintak
  pada mesin penelusur 
●     Penelusuran
  lanjutan 
 | 
  
6 
 | 
  
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang teknik penelusuran yang
  efektif dan komponen mesin penelusur 
●     Mengumpulkan
  data tentang beragam sintak penelusuran yang efektif  
●     Mengolah
  data penelusuran menggunakan kombinasi beberapa sintak  
●     Mengomunikasikan
  teknik penelusuran yang menggunakan kombinasi sintak dan tataletak urutan
  kata 
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Tes
  tertulis 
●     Wawancara 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
 | 
 
3.10 Menganalisis komunikasi
  sinkron dan asinkron dalam jaringan 
4.10 Melakukan komunikasi sinkron
  dan asinkron dalam jaringan 
 | 
  
3.10.1
  Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron. 
3.10.2
  Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron. 
3.10.3
  Menyimpulkan kelebihan dan kekurangan komunikasi sinkron dan asinkron. 
3.10.4
  INDIKATOR SINKRON: Melakukan chatting (teks dan video). 
4.10.1
  INDIKATOR ASINKRON: Melakukan komunikasi menggunakan E-mail. 
4.10.2
  INDIKATOR ASINKRON: Melakukan publikasi konsep menggunakan Blog. 
4.10.3
  INDIKATOR ASINKRON: Melakukan kolaborasi Dokumen Daring (Online Documents). 
4.10.4
  INDIKATOR ASINKRON: Menggunakan layanan penyimpanan file Daring (Online
  Cloud-Storage). 
 | 
  
●     Prosedur
  komunikasi daring sinkron dan asinkron 
●     Chat 
●     Email 
●     Blog 
●     Membuat,
  mengubah, dan berbagi file Dokumen Daring 
●     Penyimpanan
  Daring 
 | 
  
9 
 | 
  
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kelebihan komunikasi
  sinkron dan asinkron dalam jaringan 
●     Mengumpulkan
  data proses komunikasi sinkron dan asinkron dan layanannya dalam jaringan 
●     Mengolah
  data cara penggunaan setiap layanan sinkron dan asinkron dalam jaringan 
●     Mengomunikasikan
  penggunaan layanan komunikasi sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan 
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Tes
  tertulis 
●     Wawancara 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
Observasi  | 
 
3.11 Menganalisis fitur perangkat
  lunak pembelajaran kolaboratif daring 
4.11 Menggunakan fitur untuk
  pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) 
 | 
  
3.11.1
  Menjelaskan keunggulan pembelajaran jarak jauh. 
3.11.2
  Menerapkan prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya. 
3.11.3
  Memilih fitur yang tepat dalam aktivitas khusus sesuai perintah guru. 
4.11.1
  Melaksanakan tugas secara daring. 
4.11.2
  Menggunakan materi pelajaran, file, atau sumber belajar daring. 
 | 
  
●     Pembelajaran
  jarak jauh 
●     Pemanfaatan
  layanan jejaring sosial daring untuk pembelajaran  
 | 
  
9 
 | 
  
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang keunggulan belajar
  jarak jauh 
●     Mengumpulkan
  data jenis layanan jejaring sosial daring yang dapat digunakan untuk
  pembelajaran  
●     Mengolah
  data cara penggunaan layanan jejaring sosial untuk pembelajaran 
●     Mengomunikasikan
  tentang fitur pada layanan jejaring sosial untuk pembelajaran 
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Tes
  tertulis 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
●     Observasi 
 | 
 
3.12 Merancang dokumen tahap
  pra-produksi 
4.12 Membuat dokumen tahap
  pra-produksi 
 | 
  
3.12.1
  INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Memahami alur proses pembuatan video. 
3.12.2
  INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membandingkan sinopsis, naskah, dan storyboard. 
4.12.1
  INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membuat sinopsis. 
4.12.2
  INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membuat naskah. 
4.12.3
  INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Mendesain karakter. 
4.12.4
  INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membuat storyboard. 
 | 
  
●     Konsep
  pembuatan video 
●     Teknik
  pembuatan sinopsis, naskah, dan storyboard 
●     Desain
  karakter 
 | 
  
12 
 | 
  
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang cara membuat video atau
  animasi 
●     Mengumpulkan
  data tentang perbedaan pada sinopsis, naskah, dan storyboard 
●     Mengolah
  data cara membuat sinopsis naskah, dan storyboard 
●     Membuat
  sinopsis, naskah, dan storyboard berdasarkan topik yang telah dipilih sesuai
  plot cerita, kebutuhan tampilan visual-audio. Serta merancang desain karakter
  sesuai sinopsis dan naskah (khusus animasi) 
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Tes
  tertulis 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
 | 
 
3.13 Menganalisis produksi video,
  animasi dan/atau musik digital 
4.13 Memroduksi video dan/atau
  animasi dan/atau musik digital 
 | 
  
3.13.1
  INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Menjelaskan elemen sinopsis, naskah, dan
  storyboard. 
3.13.2
  INDIKATOR VIDEO: Menelaah naskah untuk kepentingan penentuan lokasi, pemain,
  peralatan, wardrobe. 
3.13.3
  INDIKATOR VIDEO: Menganalisis sinematografi. 
4.13.1
  INDIKATOR VIDEO:  Mengoperasikan
  kamera. 
4.13.2
  INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Menggunakan teknik penempatan dan pergerakan
  kamera. 
4.13.3
  INDIKATOR VIDEO: Memanipulasi pencahayaan. 
4.13.4
  INDIKATOR ANIMASI: Mengoperasikan perangkat lunak animasi. 
4.13.5
  INDIKATOR ANIMASI: Melakukan modelling, texturing, rigging. 
4.13.6
  INDIKATOR ANIMASI: Memodifikasi objek (scalling, rotating, moving). 
4.13.7
  INDIKATOR MUSIK: Mengoperasikan perangkat lunak penulisan nada atau
  penyunting audio. 
 | 
  
●     Sinematografi
  dasar 
●     Penempatan
  dan pergerakan kamera 
●     Konsep
  pencahayaan 
●     Perangkat
  lunak animasi 3D atau penyunting audio 
 | 
  
15 
 | 
  
●     Mengamati
  sinopsis, naskah, dan storyboard untuk mengidentifikasi kebutuhan syuting  
●     Mengumpulkan
  data untuk penentuan lokasi, pemain, peralatan, pencahayaan, wardrobe, dan
  pengambilan gambar 
●     Mengolah
  data mencari/merancang lokasi, penyediaan pemain/karakter dan wardrobe,
  penyediaan peralatan, dan pengondisian pencahayaan sesuai naskah dan
  storyboard 
●     Membuat
  video atau animasi sesuai sinopsis, naskah, dan storyboard. Khusus musik
  digital: merangkai musik digital 
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Tes
  tertulis 
●     Wawancara 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
●     Observasi 
●     Portofolio 
 | 
 
| 
 
4.14 Membuat laporan hasil
  pasca-produksi 
 | 
  
3.14.1
  Menyeleksi kesesuaian hasil produksi dengan naskah 
3.14.2
  Memilih fitur yang tepat pada perangkat lunak penyunting  video/animasi sesuai kebutuhan. 
3.14.3
  Menyeleksi fitur perangkat lunak rendering akhir. 
4.14.1
  Memodifikasi scene/objek. 
4.14.2
  Menggabungkan video, objek animasi, dan/atau musik digital. 
4.14.3
  Melakukan Rendering. 
4.14.4
  Menggabungkan teks pada video atau animasi. 
4.14.5
  Membuat laporan hasil pengelolaan proyek 
 | 
  
●     Perangkat
  lunak penyunting video/animasi/ 
●     Teknik
  memotong dan menggabungkan scene 
 | 
  
9 
 | 
  
●     Mengamati
  untuk mengidentifikasi tentang kesesuaian hasil produksi dengan naskah 
●     Mengumpulkan
  data bagian tahapan produksi yang tidak/belum sesuai dengan naskah maupun
  arahan sutradara 
●     Mengolah
  data untuk melakukan penyesuaian scene menggunakan perangkat lunak editor
  video, animasi, atau musik digital 
●     Menggabungkan
  setiap scene menjadi video utuh sesuai naskah. Khusus animasi: melakukan
  rendering  
 | 
  
Pengetahuan: 
●     Tes
  tertulis 
●     Wawancara 
Keterampilan: 
●     Unjuk
  kerja 
●     Observasi 
●     Portofolio 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar